Waldi Bakri : Arsip Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata



Sarolangun
,-Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Sarolangun saat ini tengah fokus dalam melakukan kegiatan pembinaan dan penataan arsip bagi seluruh jajaran Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Sarolangun.

Kepala DPAD Sarolangun H A Waldi Bakri, S.Ip, S.Sos, MM mengatakan bahwa penataan arsip ini dalam rangka mewujudkan tata sistem administrasi surat menyurat melalui Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI).

” Di kearsipan, kita lagi sedang menggarap ada satu sistem, kalau dulu ada simaya dikelola Kominfo. Di kearsipan itu ada namanya Srikandi, suatu sistem untuk administrasi kearsipan,” katanya, Jumat (02/06/2023) saat wawancara awak media di tengah kesibukannya.

Waldi Bakri menjelaskan dalam aplikasi tersebut pihaknya akan membina setiap admin dari seluruh OPD baik di tingkat Kabupaten maupun ditingkat kecamatan, dalam rangka mengenai tata cara penginputan data dan pelatihan melalui aplikasi Srikandi tersebut.

” Ini sekarang masih dalam penginputan data, insa Allah akan selesai dalam Minggu ini untuk unit kerja di kabupaten, kecamatan juga bulan ini, dan UPTD seperti pendidikan, puskesmas, kesehatan mungkin ini agak lama karena pegawai lebih banyak,” katanya.

Selain itu, Mantan Kepala BKPSDM Sarolangun itu juga menjelaskan bahwa dengan pola aplikasi Srikandi ini kedepan Tata surat menyurat perkantoran akan tersimpan dalam sistem tersebut, baik surat masuk maupun surat keluar serta SK dan sejenisnya sudah dapat termonitor dalam sistem Srikandi tersebut.

” Program ini kita bekerja sama dengan Kemendagri, arsip nasional dan badan sertifikasi nasional. Secara administrasi, Setiap kantor tidak bisa tanpa menggunakan itu, jadi kita menginput itu baru nanti sistem administrasi persuratan baru melalui itu, jadi seperti kepala dinas, kalau SPPD tidak melalui sistem ini nanti mereka tidak bisa melakukan perjalanan dinas,” katanya

Jika tidak ada aral melintang, kata Waldi, setelah selesai penginputan data oleh semua admin dari jajaran OPD, pihaknya akan melakukan launching kegiatan tersebut yang ditargetkan pada akhir Oktober atau awal bulan November 2023 mendatang.(yhy)


Redaksi