Sekda Batanghari M. Azan Buka Bimtek PKH



BATANGHARI
,-Sekretaris Daerah (Sekda) M. Azan membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pembekalan tugas dan fungsi pilar social, koordinator Kecamatan, pendamping (program keluarga harapan) PKH, fasilitator dan operator SLRT se-Kabupaten Batanghari tahun 2023, Selasa (6/6/2023) di Ruang Pola Kantor Bupati.

Dalam sambutan Bupati Batanghari, yang disampaikan Sekda M. Azan. Selaku kepala daerah ia mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Sosial dan para staff atas, terselenggaranya bimbingan teknis, pembekalan tugas dan fungsi pilar sosial koordinator kecamatan, pendamping PKH, fasilitator dan operator SLRT se-Kabupaten Batanghari tahun 2023.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 5 Tahun 2019 tentang pengelolaan data terpadu adalah kegiatan sistematis dalam pengaturan, penyimpanan dan pemeliharaan data yang mencakup pendataan, verifikasi dan validasi, dan penetapan data yang diperlukan untuk memastikan aksesibilitas, kehandalan, ketepatan waktu, dan akuntabilitas data dalam penggunaanya.

Terkait dengan Peraturan Menteri Sosial tersebut, Pemerintah Daerah telah berkomitmen dengan memperkuat sumber daya manusia dalam hal pendataan, verifikasi dan validasi, hal itu ditandai dengan perekutan fasilitator dan operator SLRT setiap desa dan kelurahan masing-masing 2 orang, termasuk penguatan pendamping PKH beserta koordinator di delapan Kecamatan.

Penyimpanan dan pemeliharaan data terpadu SIKS-NG pada setiap desa dan kelurahan di Provinsi Jambi. Dengan SDM yang ada, Saya berharap kualitas data yang dihasilkan, benar-benar memenuhi ketentuan persyaratan sebagaimana pada Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

“Saya berharap dengan bimbingan teknis aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) yang ditujukan bagi operator desa dan kelurahan, dalam rangka pengelolaan data terpadu kesejahteraan sosial ditingkat desa dan kelurahan akan diperoleh data yang valid, akuntabel dan berkelanjutan,” kata Azan...(zom)


Redaksi