Pj Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM,Buka Seminar Nasional Pengelolaan ZIS

Pj Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM,Buka Seminar Nasional Pengelolaan ZIS.

SAROLANGUN,-Dalam rangka  momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang ke-21 tahun 2023, BAZNAS Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan seminar nasional pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS), Rabu (08/03/2023) di ruang pola Kantor Bupati Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM yang berlangsung dengan sukses, yang dihadiri Kepala Devisi Penguatan Pengumpulan BAZNAS RI Ahmad Badrun Kosasi, SE, Pengurus Badan Wakaf Nasional RI Dr KH Atabik Luthfi, LC, MA, Ketua BAZNAS Provinsi Jambi, Ketua BAZNAS Sarolangun Drs Ahmad Zaidan, Jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Kepala Bank 9 Jambi Kab.Sarolangun, Kepala Bank BSI Kab. Sarolangun, Pimpinan Ponpes Se Kab. Sarolangun dan ratusan peserta yang hadir.

Ketua BAZNAS Sarolangun Ahmad Zaidan mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak penjabat Bupati Sarolangun dalam rangka membuka secara langsung kegiatan seminar nasional pengelolaan zakat, infak dan sedekah dalam rangka HUT BAZNAS Sarolangun.

Peserta seminar yang hadir.

Tentu kegiatan ini dalam rangka memaksimalkan potensi pengumpulan zakat di Kabupaten Sarolangun sesuai dengan tema Terkumpulnya Zakat, Infak dan Sedekah dengan Maksimal, Mustahik Sejahtera.

” Semoga BAZNAS Kabupaten Sarolangun terus maju dan amanah menjadi lembaga utama dalam menyejahterakan umat. Terima kasih kepada muzakki dan mustahik yang telah menjadi bagian dari BAZNAS Kabupaten Sarolangun,” katanya.

” Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada mustahik di Kabupaten Sarolangun, BAZNAS Kabupaten Sarolangun melalui Lembaga Program Layanan Aktif Baznas (LAB), Le­mbaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) dan Mualaf Center Baznas (MCB),” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengatakan bahwa kegiatan seminar nasional pengelolaan zakat, infak dan sedekah yang diprakarsai oleh BAZNAS Sarolangun yang tujuannya untuk menghimpun zakat dari seluruh lapisan masyarakat Sarolangun baik itu Aparatur Sipil Negara, pengusaha, maupun para investor.

” Yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Maka dari itu besar harapan kita dengan kegiatan seperti ini nantinya dapat memaksimalkan potensi zakat yang ada di Kabupaten Sarolangun,” katanya.

PJ Bupati Sarolangun Henrizal menyerahkan bantuan modal Zmart bagi Mustahik zakat

Henrizal menjelaskan bahwa untuk saat ini BAZNAS Kabupaten Sarolangun baru bisa mengumpulkan zakat itu sebesar Rp 5 Miliar pertahun terdiri dari Rp 4,5 Miliar dari ASN dan Rp 500 juta dari komponen yang lain. Maka dari itu, diharapkan kedepan masyarakat untuk penyaluran zakat melalui BAZNAS Kabupaten Sarolangun, sehingga besaran dana zakat bisa dimaksimalkan lagi di masa mendatang.

” Namun menurut perhitungan BAZNAS Nasional dan BAZNAS Provinsi Jambi, Kabupaten Sarolangun ini punya potensi zakat itu sebesar Rp 161 miliar tapi itu dengan catatan seluruh komponen masyarakat membayar zakat melalui BAZNAS Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal didampingi Ketua BAZNAS Sarolangun Ahmad Zaidan melakukan penyerahan bantuan modal bagi para Mustahik zakat, serta dilanjutkan dengan pemaparan narasumber dalam rangka meningkatkan pengumpulan zakat, infak dan sedekah.(YHY).