Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief Serahkan 515 Sertifikat



BATANGHARI
,-Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief menyerahkan 515 Sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022, di Gedung Serba Guna Desa Penerokan Kecamatan Bajubang, Jum’at (5/5/2023).

Dihadapan para penerima Sertifikat Program PTSL dan tamu undangan dalam pembukaan sambutannya, Bupati Batanghari sempat bercanda bahwa yang pegang sertifikat itu biasanya hanya dua, yakni antara bank atau istri.

“Biasanya saya menyerahkan sertifikat ini bapak ibu semua pergi sendiri, sekali ini saya bawa istri. Karena biasanya sertifikat ini istri kito yang pegang. Nyo cuma duo sertifikat ini. Kalau dak dipegang istri sertifikat ini dipegang oleh bank,” canda Orang nomor satu disambut seluruh yang hadir dalam acara tersebut.

“Bagi duo dio, yang selamat dengan bini yang kurang selamat di bank tempatnyo (disambut derai tawa para hadirin) supaya aman,” kata Bupati.

Dalam sambutaanya, Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat pentingnya memiliki sertifikat tanah. Bukan hanya sebagai bukti kepemilikan, ia mengatakan tidak adanya sertifikat tanah akan memicu konflik dimasyarakat seperti sengketa lahan.

“Karena sekarang tidak seperti zaman dulu, tanah hanya dibatasi dengan pohon mangga. Bapak ibu harus mengurus pembuatan sertifikat tanah,” ujarnya. Jumat, (5/5/2023).

Untuk diketahui PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan didalam suatu wilayah desa atau kelurahan. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Bupati Fadhil juga berharap, dengan adanya program ini masyarakat Kabupaten Batanghari dapat lebih terbantu dalam memperoleh sertifikat tanah miliknya.

Adapun sebanyak 515 sertifikat PTSL yang diserahkan tersebut meliputi 157 untuk masyarakat Desa Bungku, 355 sertifikat untuk masyarakat Desa Penerokan, dan 3 sertifikat untuk fasilitas umum Desa Pompa Air yaitu tanah wakap pembangunan Musholah Al-Ikshan, Masjid Baitul Rahman dan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bumi Asih Pompa Air.

Turut hadir pada acara itu Ketua TP PKK Kabupaten Batang Hari Zulva Fadhil, Kepala ATR BPN Ade Jauhari beserta jajaran, Anggota DPRD Batang Hari Turisman, Asisten I M. Rifa’i, Asisten III Asri Yonalsyah, Kadis PMD Taufik, Kepala SatPol-PP Adnan, Kabankeuda Tesar Arlin, Sekdis Kominfo Roni, Kabag Kesra Munir, Kabag Protokol A. Kosim, Kabag Pemerintahan Sarmada, Kabid IKP RJ Pratama, Camat Bajubang Ichwan, Kabid PBMD Izal Fahlevi, Inspektur Pembantu Wilayah IV Rizaldi Andespa,Kapolsek Bajubang, Kades Penerokan Sugiyono, Kades Bungku Ardani dan para masyarakat penerima Sertifikat Program PTSL..(zom)


Redaksi