PJ Bupati Henrizal Hadiri Diseminasi Standar Jaminan Produk Halal Bersama Anggota DPR RI Hasan Basri Agus



SAROLANGUN
– Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, S.Pt, MM menghadiri sekaligus membuka kegiatan Diseminasi Standar Jaminan Produk Halal oleh Kementrian Agama bersama Anggota Komisi VIII DPR RI Drs H Hasan Basri Agus, MM di ballroom abadi Hotel Sarolangun, Selasa (07/03/2023) yang berjalan dengan lancar.

Hadir langsung Anggota Komisi VIII DPR RI Drs H Hasan Basri Agus, MM, Perwakilan Kanwil Kementrian Agama Provinsi Jambi, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, S.Ag, Perwakilan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Kadis Perindagkop Kab. Sarolangun Trianto, S.Ip, ME, Para Nara sumber, Puluhan peserta dari para pelaku usaha mikro kecil di Kabupaten Sarolangun, KUA Kecamatan dan Penyuluh Agama.

Kakan Kemenag Sarolangun M Syatar mengatakan bahwa pihaknya tentu sangat berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan diseminasi Standar Jaminan produk halal bersama komisi VIII DPR RI di Kabupaten Sarolangun, dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat Sarolangun khususnya para pelaku usaha dalam mendapatkan label halal dalam produk UMKM yang dikembangkan.

” Semoga kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan ridho dari Allah SWT, ini dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi produk halal,” katanya.

“Dalam Islam, Makanan dan minuman serta obat-obatan dan kosmetik tidak hanya secara kebutuhan secara lahiriyah namun juga kebutuhan jasmaniah, namun masalah halal dan haram tidak hanya menyangkut antara hubungan antar manusia melainkan hubungan Hablum minallah,” kata dia menambahkan.

M Syatar juta menambahkan bahwa kementrian agama hingga tahun 2024 mendatang mentargetkan ada sebanyak 10 juta produk UMKM di Indonesia dikeluarkan sertifikat halal, maka dari itu para pelaku UMKM agar mengikuti kegiatan ini dengan baik agar mendapatkan pemahaman bagaimana proses sertifikasi halal ini.

” Dengan adanya kegiatan pemerintah akan berupaya melegalisasi produk-produk, dan kita bersyukur dengan bapak komisi VIII DPR RI yang telah hadir ke Sarolangun, yang telah banyak membantu pendidikan agama di Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal mengucapkan terima kasih kepada kementrian agama dan Anggota Komisi VIII DPR RI Hasan Basri Agus yang telah hadir di Kabupaten Sarolangun dalam kegiatan diseminasi Standar Jaminan produk halal.

Diketahui bahwa sosok Hasan Basri Agus tidak lain lagi bagi masyarakat Sarolangun, yang merupakan Bupati Sarolangun Priode 2006-2011 yang lalu, sehingga dengan kehadiran HBA bagaikan angin segar bagi masyarakat sarolangun terlebih dalam program pembangunan yang dibawa dari pemerintah pusat.

Salah satunya, diseminasi Standar Jaminan produk halal ini. Maka, pihaknya pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Hasan Basri Agus selaku anggota DPR RI yang telah memberikan berbagai bantuan, program dan kegiatan di Kabupaten Sarolangun

“Kami sangat berharap, perhatian dan sumbangsih terutama Kepada bapak selaku anggota DPR RI untuk pembangunan di Kabupaten Sarolangun dan saya sampaikan baik sarana pendidikan, kesehatan, infrastruktur semuanya belum memadai,” katanya.

Henrizal menambahkan bahwa kedepan Pemerintah Daerah akan mendorong apabila para pelaku usaha UMKM untuk mengurus hak intelektual dan juga sertifikasi halal, sehingga produk UMKM masyarakat ini dapat berkembang dengan baik dalam rangka mewujudkan ketahanan ekonomi masyarakat.

” Ketika kita telah memenuhi standar produk halal, tentu para pelaku UMKM di Sarolangun akan dapat bersaing dengan UMKM yang lain. Jika ada pelaku UMKM, yang ingin pendampingan untuk memperoleh produk halal agar dilayani dengan baik melalui dinas Perindagkop Sarolangun.  Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan diseminasi Standar produk halal yang diprakarsai Kementrian Agama bersama komisi VIII DPR RI di Kabupaten Sarolangun secara resmi saya nyatakan dibuka,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal, Anggota Komisi VIII DPR RI Hasan Basri Agus, Kepala Kemenag Sarolangun M Syatar beserta seluruh peserta melakukan Poto bersama, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi diseminasi standar jaminan produk halal oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Hasan Basri Agus dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kanwil Kemenag Provinsi Jambi yang berlangsung dengan lancar.(yhy)


Redaksi