Bupati MFA Buka Secara Resmi Gebyar Batang Hari Tangguh Menuju Arah Baru Budaya Taat Pajak Tahun 2023



BATANGHARI
,- Bupati Muhammad Fadhil Arief mengikuti sekaligus membuka secara resmi, acara Gebyar Batang hari Tangguh Penggerak Menuju Arah Baru Budaya Taat Pajak Tahun 2023, di Serambi Rumah Dinas Bupati, Rabu (11/01/2023).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa upaya peningkatan pajak daerah, tidak cukup dengan kalkulasi angka nominal potensi untuk target dapat tercapai.

Namun harus juga diperkuat melalui budaya taat pajak yang harus ditanamkan kepada wajib pajak, masyarakat secara terstruktur, sistematis dan massif terutama kepada pelaku usaha.Potensi yang besar tanpa didukung oleh budaya taat pajak, akan menjadi catatan tunggakan piutang pajak daerah yang akan mengurangi kualitas keuangan daerah.

“Untuk itu mari dukung dan sukseskan kegiatan ini dengan harapan dapat mendorong kapasitas fiskal daerah, guna membangun kesejahteraan masyarakat Kabupaten Batanghari yang kita cintai ini,” sebut Bupati Fadhil.

Lanjut Fadhil, masyarakat terutama pelaku usaha harusnya merasa malu, jangan hanya bisa mengkritik kelemahan-kelemahan pemerintah saja. Akan tetapi tidak mengerti dengan kewajiban kita sebagai wajib pajak yang harus ditaati dan penuhi, sehingga daerah dimana tempat kita hidup dan tinggal dapat menjadi lebih baik.

Dijelaskan Bupati, kemampuan keuangan suatu daerah merupakan hal penting dalam menentukan perencanaan dan pembangunan serta menjamin keberhasilan otonomi suatu daerah, yaitu dengan menggali potensi sumber pendapatan daerah (PAD) melalui intensifikasi dan ekstensifikasi PAD.

“Untuk itu agar daerah mendapatkan bagian secara proporsional maka dapat ditempuh dengan upaya seperti peningkatan pengawasan, koordinasi dan penyederhanaan proses administrasi pemungutan serta koordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,” ujarnya.

Masih kata MFA, selaku Kepala Daerah yang mendapat amanah dan dititipkan impian besar masyarakat Batanghari untuk perubahan kehidupan yang lebih baik, telah dijawab dengan komitmen politik anggaran berbasis kesejahteraan dan akselerasi pembangunan yang nyata di berbagai sektor dan wilayah di kabupaten Batanghari.

“Dapat dilihat dan dirasakan, diantaranya Alun-alun Lapangan Garuda, Alun-alun Pendopo dan Taman Trotoar Jalan Jendral Sudirman, mempercantik taman PKK, Taman Ojek, Lampu Hias Simpang Empat Tugu Jam, Taman Gor Basket, dan Lampu Hias Tugu Tapah Melenggang, Alhamdulillah semua dapat terealisasi meskipun dengan kekuatan fiskal daerah yang terbatas,” ungkapnya.

Turut hadir Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pelayangan Jambi, Subandiyono, Sekretaris Daerah Batanghari, para Kepala OPD, para Kepala Cabang Bank di wilayah Batanghari, perwakilan Kepala Desa se-Kabupaten Batanghari serta perwakilan Wajib Pajak dari para pelaku usaha...(zom)


Redaksi